Selamat Datang di website Pengadilan Negeri Martapura kelas 1b. Website ini dilengkapi akses difable. Silahkan anda block tulisan dan klik aykon speaker untuk mendengarkan   Click to listen highlighted text! Selamat Datang di website Pengadilan Negeri Martapura kelas 1b. Website ini dilengkapi akses difable. Silahkan anda block tulisan dan klik aykon speaker untuk mendengarkan Powered By GSpeech

Sejarah Lembaga

SEJARAH PENGADILAN NEGERI MARTAPURA

 

Pengadilan Negeri merupakan sebuah lembaga peradilan di lingkungan Peradilan Umum yang berkedudukan di ibu kotakabupaten atau kota. Sebagai Pengadilan Tingkat Pertama, Pengadilan Negeri berfungsi untuk memeriksa, memutus, dan menyelesaikan perkara pidana dan perdata bagi rakyat pencari keadilan pada umumnya.

Daerah hukum Pengadilan Negeri meliputi wilayah Kota atau Kabupaten. Wilayah Hukum Pengadilan Negeri Martapura meliputi seluruh wilayah Kabupaten Banjar.

Dengan dibangunnya Pengadilan Negeri Martapura pada tahun 1977, maka seluruh wilayah Kabupaten Banjar semula masuk wilayah Hukum Pengadilan Negeri Banjarmasin menjadi cakupan wilayah hukum Pengadilan Negeri Martapura.

Pada saat berdiri Pengadilan Negeri Martapura pada tahun 1977. Pengadilan Negeri Martapura berkantor dan menempati gedung kantornya di Jalan Akhmad Yani Martapura.

Pembangunan Gedung Pengadilan Negeri Martapura adalah merupakan bagian dari proyek Peningkatan fasilitas Prasarana Fisik badan Peradilan Umum Departemen Kehakiman di Kalimantan Selatan dalam tahun anggaran 1976/1977, berdasarkan DIP : No. 7/XIII/5/76 tanggal 4 Mei 1976. dengan Surat Keputusan Menteri Kehakiman Republik Indonesia tanggal 30 Maret 1976, No: Yk. 13/5/6

Peresmian pemakaian gedung Pengadilan Negeri Martapura tanggal 7 Oktober 1997 oleh Bapak direktur Jenderal Pembinaan badan Peradilan Umum Departemen Kehakiman Republik Indonesia, Bapak SOEROTO, S.H.

Pada saat di dirikan Pengadilan Negeri Martapura berada di bawah naungan Departemen Kehakiman dan HAM RI, sampai di tetapkannya Undang-Undang No.4 tahun 2004 tentang Kekuasaan Kehakiman, maka dilaksanakan peradilan satu atap dengan pengalihan organisasi, administrasi dan keuangan dari Departemen Kehakiman dan HAM RI ke Mahkamah Agung RI. Maka hingga saat ini Pengadilan Negeri Martapura merupakan lembaga peradilan di bawah naungan Mahkamah Agung RI.

Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech