Selamat Datang di website Pengadilan Negeri Martapura kelas 1b. Website ini dilengkapi akses difable. Silahkan anda block tulisan dan klik aykon speaker untuk mendengarkan   Click to listen highlighted text! Selamat Datang di website Pengadilan Negeri Martapura kelas 1b. Website ini dilengkapi akses difable. Silahkan anda block tulisan dan klik aykon speaker untuk mendengarkan Powered By GSpeech

Sosialisasi e-court di Pengadilan Negeri Martapura

SENIN, 06 Agustus 2018 pukul 08.00 WITA , Sosialisasi dibuka dengan membacakan Basmalah oleh Ketua, beliau menjelaskan bahwa rapat ini merupakan hasil dari pelatihan yang beliau dapat di Bekasi selama 3 (tiga) hari, mengenai bentuk pelayanan terhadap masyarakat dalam hal pendaftaran perkara secara elektronik (e-Court).

20180806 081602

 

Bahwa e-Court adalah merupakan sistem pelayanan publik yang berbasis online. Namun bentuk pelayanannya hanya diperuntukkan bagi perkara gugatan saja. Dasar hukum e-Court adalah Perma Nomor 3 tahun 2018 sehingga pengguna terdaftar untuk saat ini hanya bisa dilakukan oleh Advokat saja. Keuntungan dari penggunaan e-Court ini antara lain :

  1. Menghemat waktu dan biaya dalam proses pendaftaran
  2. Pembayaran biaya panjar perkara dapat dilakukan dalam berbagai metode pembayaran dan bank
  3. Dokumen dapat terarsip secara baik
  4. Proses temu kembali data lebih cepat

Ruang lingkup e-Court antara lain :

  1. e-Filling

Yaitu pendaftaran perkara gugatan yang dilakukan secara elektronik

  1. e-Payment

Yaitu pembayaran panjar biaya perkara yang dilakukan secara elektronik

  1. e-Summons

Yaitu pemanggilan jadwal persidangan yang dilakukan secara elektronik

Sesuai dengan Perma Nomor 3 Tahun 2018 bahwa pemanggilan yang pendaftarannya dilaku